Halaman

Senin, 01 Desember 2014

Memutuskan Mengikuti Program Insanity Workout

Beberapa bulan ini saya berencana mengaktifkan kembali otot-otot seluruh badan yang sudah jarang saya gerakkan, alias jarang olahraga. Tentunya sembari mengurangi lemak badam yang sudah menempel kayak jaket. Hihh...

Jujur, dengan massa badan 73 kg ini membuat penampilan tidak oke lagi. Hahaha.. Sudah seperti sopir bis Jogja-Surabaya yang menonjol sekali perutnya. Menurut perhitungan BMI, massa badan yang ideal adalah 49-66 kg. Jadi bila saya berencana untuk mengembalikan penampilan secara ideal, maka saya harus minimal sebanyak 7 kg.

Saya tertarik untuk menggunakan program pelatihan insanity workout oleh Shaun T. Kalau teman-teman melihat tentang insanity workout di Youtube, tentu akan terkesima. Perubahan bentuk tubuh pasti terjadi, entah itu secara radikal maupun secara biasa saja. Namun yang pasti, insanity menuntut pengorbanan. Ya, selama 2 bulan atau 8 minggu, penggunan insanity dituntut untuk workout selama 6 hari seminggu. Dengan durasi dari 30-45 menit per sesi, pengguna akan menggunakan seluruh otot tubuhnya untuk bergerak.

Pengalaman saya pada hari pertama: GAGAL. *malunya*
Saya tidak kuat mengikuti sesi yang durasi keseluruhan 32 menit. Saya hanya kuat 15 menit saja. Hahaha..
Itupun masih ditambah dengan muntah-muntah karena ra kuat.

Padahal itu masih sesi fit test. Artinya masih belum masuk kegiatan inti dan hanya berfungsi menilai kesiapan tubuh. Fit test dijadwalkan 2 minggu sekali. Fungsinya mengukur progres selama workout.

Ah, paling tidak saya sudah mencoba sekuat tenaga dan lebih baik mempersiapkan untuk latihan besok yaitu plyometric.

Oya, saran saya bagi teman yang hendak mengikuti insanity, persiapkan sepatu dan kaos kaki, air putih sebotol, handuk, matras. Hal ini perlu karena bisa dipastikan bahwa keringat teman akan mengucur deras.
Dan bagi yang sudah jarang olahraga dan nekat ikut insanity, persiapkan diri untuk muntah.
Satu hal lagi, minimal jarak makan terakhir dengan sesi workout adalah 3 jam. Dan jangan lupa untuk minum. Kondisi badan selama insanity akan panas dan bila tak ada asupan cairan akan dehidrasi.
Saya dalam sesi workout selalu lepas baju.

Menurut pengalaman beberapa orang, setelah sesi workout, badannya akan kesakitan, njarem, demam. Semoga besok tidak terjadi. Amin

7 komentar:

  1. Halo masnya

    Kalau mau ikut workout insanity di jogja dimana ya?

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Dapet dvd workout insanity nya dimana ya???boleh minta kontaknya

    BalasHapus
  3. Hai saya baru 2 hari mencoba insanity workout.. teman2 bisa ikuti di youtube

    BalasHapus
  4. Di Bukalapak banyak gan... kemarin ane juga beli disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dpt harga berp gan ? Kualitasna bagus ga ? Trims

      Hapus
    2. Dpt harga berp gan ? Kualitasna bagus ga ? Trims

      Hapus
    3. Donlot aja, ada di reddit hehe

      Hapus